Tuesday, August 2, 2016

Hi, Beauties!

Sebenarnya saya mungkin orang yang bisa dikatakan terlambat dalam mengikuti arus perkembangan perdagangan elektronik/e-commerce. Baru di tahun 2014, saya akhirnya melakukan transaksi pertama saya secara daring meskipun pada awalnya saya merasa was-was karena takut menjadi korban penipuan. Namun, pengalaman pertama itulah yang justru jadi awal perkenalan saya dengan era perbelanjaan elektronik yang kini membuat saya menikmati berbagai kemudahan yang tidak saya dapatkan pada sistem perbelanjaan konvensional. Hal yang perlu dicermati dalam melakukan transaksi di dunia maya secara aman salah satunya adalah dengan rajin membaca ulasan tentang toko daring di mana Anda akan membeli produk yang diminati. Salah satunya seperti ulasan saya kali ini yang akan membahas tentang pengalaman saya berbelanja di "salah satu situs e-commerce fashion paling terkenal di Asia." (Adwani, 2015)

Diambil dari Zalora Indonesia


          Zalora adalah salah satu situs perbelanjaan terbesar di Asia yang menawarkan berbagai produk fashion & beauty, seperti: pakaian, aksesoris, sepatu baik bagi pria maupun wanita; serta berbagai produk skincare, makeup dan parfum, baik produk lokal maupun internasional. Dikalangan banyak orang yang sudah biasa berbelanja secara daring, Zalora memiliki reputasi yang cukup baik. Selain itu, dia merupakan salah satu toko daring yang turut meramaikan era perdagangan digital di Indonesia sejak tahun 2012. Tergabung dalam Zalora Grup yang tersebar di berbagai penjuru Asia, Zalora Indonesia sendiri berdiri di bawah naungan PT. Fashion Eservices Indonesia.

What's Good?!

Secara pribadi hingga saat ini, Zalora adalah satu-satunya pilihan saya untuk berbelanja produk-produk fashion secara daring. Ada sekitar lebih dari 15 transaksi yang pernah saya lakukan sejak tahun 2015 dan dari kesemuanya saya nilai sangat memuaskan. Alasan pertama adalah setiap produk yang saya pesan selalu sesuai dengan gambar yang tertera di halaman situs web. Detil gambar dari setiap produk yang tersedia sangatlah lengkap, mulai dari: foto dari kejauhan, jarak dekat, hingga foto close up bahan produk; sehingga saya bisa memperkirakan akan seperti apa produknya di dunia nyata. Bahkan, kini situs web Zalora menawarkan fitur baru berupa video demonstrasi produk oleh para model. Meskipun Zalora memberikan opsi untuk pengembalian barang jika produk tidak sesuai harapan, tetapi proses pengembalian tetap memakan waktu dan tahapan yang mungkin cukup panjang. Sehingga, akurasi produk menjadi nilai tertinggi yang saya berikan untuk Zalora.

          Gimana kalo barang yang dipesan ga sesuai harapan? Jangan khawatir, fitur lain yang sangat bermanfaat untuk transaksi di dunia maya di mana barangnya tidak kita lihat secara langsung adalah fitur returns & refunds. Jika Anda khawatir tentang produk yang anda pesan tidak sesuai harapan, Zalora menawarkan fitur tersebut tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untungnya, saya belum pernah melakukan proses pengembalian barang karena setiap produk yang akan saya pesan selalu saya amati secara teliti, baik dari gambar maupun deskripsi barang.

          Selain itu, faktor pelayanan menjadi poin yang tidak kalah penting dalam penilaian saya. Walaupun, dalam hal yang satu ini saya tidak bisa membahas banyak karena saya tidak pernah sekalipun berhubungan dengan customer service dari Zalora. Semua proses begitu cepat dan mudah, tinggal klik, checkout, bayar, verifikasi dan notifikasi proses pengiriman akan diterima setelah pembayaran terverifikasi. Tinggal tunggu pesanan sampai ke alamat Anda. Literally, that easy!

          Biasanya saya memilih tipe reguler untuk pengiriman barang yang sebagian besar berasal dari Jakarta ke lokasi saya di daerah Bandung. Lama pengiriman biasanya berkisar dari 3-5 hari jam kerja.


Foto di atas adalah barang yang terakhir saya pesan pada tanggal 14 Juli 2016 dan diterima pada tanggal 18 Juli 2016 dengan metode pembayaran cash-on-delivery. Semua proses berjalan lancar, tinggal tunggu, barang sampai dan bayar di tempat. Selain itu, metode pembayaran dengan kartu kredit maupun transfer bank juga tersedia.

What's Hot?!

Ada satu merk pakaian yang menjadi langganan saya setiap berbelanja di Zalora, yaitu 24:01. Jika ditelusuri di internet, tidak banyak informasi mengenai merk ini. Apakah mungkin ini adalah salah satu merk in-house Zalora? Ada yang mempunyai informasi lebih mengenai merk ini? Hingga hari ini saya masih penasaran dengan asal usul dari 24:01 ini. Apa sih yang spesial? Rancangan yang minimalis dan modern, jadi alasan utama kenapa saya sangat terobsesi dengan merk ini. Palet warna yang ditawarkannya pun kebanyakan warna-warna netral, yang sesuai dengan preferensi saya, dengan permainan tekstur material yang lebih menjadi andalan untuk menyemarakkan rancangan pakaian-pakaiannya yang simple & sleek, baik untuk atasan, bawahan, outerwear, sepatu, tas dan aksesori lainnya. Namun, dengan konsep yang keren tersebut, harga yang ditawarkan tetap terjangkau. Kesimpulan yang saya ambil adalah 24:01 menyasar kaum pria urban yang ingin tampil stylish tanpa kesan berlebih. 

          Selain 24:01, khususnya untuk kalangan pria, Zalora menawarkan merk-merk terkemuka lainnya, seperti: ALDO, Mango Man, Nike, Superdry, Ripcurl, dsb. Untuk para wanita, Zalora juga menawarkan beragam fashion & beauty items yang tak kalah seru, diantaranya dari: Mango, River Island, Accent, Something Borrowed, Maybelline, Make Over, L'oreal, dsb. Jika beruntung, banyak penawaran menarik yang ditawarkan Zalora yang akan semakin membuat pengalaman belanja Anda menyenangkan.


Final Verdict

Satu hal yang mengganggu saya dari Zalora adalah prosedur pengiriman yang bercabang apabila kita memesan produk yang dijual/stok berada di pihak vendor luar. Sebagai contoh, apabila kita memesan dua barang dan barang yang satu tersedia dan dikirimkan oleh pihak Zalora, tetapi barang yang lain dijual dan dikirimkan oleh pihak ketiga sehingga kedua barang yang telah dipesan berkemungkinan sampai pada hari yang berbeda. Meskipun demikian, banyak alasan yang membuat saya masih mengandalkan Zalora Indonesia untuk berbelanja produk-produk pakaian secara daring. Pertama, antarmuka pengguna yang begitu detil dan user-friendly. Detil-detil gambar dan deskripsi produk yang akurat menjadikan berbelanja daring begitu mudah dan jauh dari rasa was-was jika nantinya produk tidak sesuai harapan. Terlebih lagi, situs web Zalora, kini memuat video yang berisi cuplikan peragaan produk oleh para model. Kedua, kemudahan berbelanja tanpa proses yang ribet: daftar/login, pilih produk, klik barang yang ingin dipesan ke keranjang belanja, checkout, pilih metode pembayaran, bayar, dan tunggu barang sampai. Mudah dan sederhana. Ketiga, yang juga tidak kalah penting, adalah ragam produk yang ditawarkan: atasan, bawahan, tas, sepatu, aksesori, kecantikan, dll. Semuanya tersedia dengan berbagai macam pilihan untuk disesuaikan dengan gaya pribadi Anda. Dan yang pasti, yang paling utama dari semuanya adalah berbelanja di Zalora Indonesia bisa dipastikan keamanannya. Jadi untuk Anda yang ingin mencoba untuk pertama kali berbelanja pakaian secara daring, Zalora merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan referensi. It is a truly one stop fashion shop!





Gambar: 

Zalora Indonesia (https://static-id.zacdn.com/cms/orignal_Logo-ZALORA-Indonesia.jpg)

Referensi: 

Adwani, S. (2015). Gila Fashion? Kunjungi 9 Situs E-commerce Fashion Terbaik di Indonesia. Dikutip dari https://id.techinasia.com/gila-fashion-kunjungi-9-website-ecommerce-fashion-terbaik-di-indonesia pada tanggal 27 Juli 2016.

0 comments :

Post a Comment